Sunday, January 3, 2010

AKAR

Jika kita melihat bagian tumbuhan yang berdiri di atas permukaan tanah atau permukaan air maka kita hanya melihat beberapa bagian tumbuhan saja. Akar sebagai salah satu bagian tumbuhan tidak tampak karena berada
di dalam tempat tumbuhnya. Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting bagi tumbuhan. Pada waktu kita menanam tanaman, jika akarnya mulai tumbuh berarti tanaman tersebut hidup dan kita bisa melihat suatu saat tanaman itu bertambah besar.
1. Bagian-bagian Akar
Akar pada tumbuhan berbunga baik yang tertanam di dalam tanah maupun di dalam air umumnya terdiri dari akar utama, kemudian dari samping akar utama ini muncul cabang akar dan di permukaan akar tersebut terdapat semacam serabut akar yang disebut rambut akar.
 

 
2. Fungsi Akar
Coba kita lihat ke kebun misalnya kebun jagung. Kita lihat rumput ikut tumbuh dan mengganggu tumbuhnya jagung, untuk itu kita harus mencabuti rumput itu sampai ke akarnya! Jika akarnya masih ada maka rumput itu akan tumbuh lagi. Apa sebenarnya fungsi akar? Kegunaan akar bagi tumbuhan di antaranya:
- Menguatkan berdirinya tumbuhan pada tempat tumbuhnya.
- Menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah.
- Menyimpan cadangan makanan. 

singkong menyimpan cadangan makanannya di akar

 

No comments:

Post a Comment